BAB V MEMAHAMI DAN
MENDESAIN DATA AKUNTASI
Basis data relasional adalah teknologi penting untuk system akuntasi.
Basis data(database) adalah pengumpulan data terkait yang komprehensif. Basis data
di aturj oleh system manajemen basis data (database management system)
merupakan seperangkat program yang memungkinkan pengguna untuk
menyimpan,memodifikasi dan menyaring informasi dari basis data.
Daftar yang diperluas dengan menambah table induk kas dan
buku besar.
·
Barang/jasa. Table induk digunakan untuk
mendeskripsikan barang/jasa yang menyatakan “katalog” barang/jasa yang
ditawarkan oleh perusahaan.
·
Agen. Table induk dengan data agen
mendeskripsikan agen-agen eksternal seperti pelanggan atau
pemasok(misalnya,nama,alamat, dan nomor telepon) atai agen-agen internal
seperti karyawan(misalnya nomor jaminan,social,nama,alamat,dan tingkat gaji)
·
Kas. File induk untuk kas mendeskripsikan di man
akas disimpan. Misalnya,file induk dapat memiliki sebuah record untuk setiap
rekening bank. Data pada table sepert itu akan menuimpan nomor rekening,nama
bank,saldo sekarang, dan data lain.
·
File induk buku besar. Kita akan memerlukan file
induk buku besar jika system buku besar otomatis dan terintegrasi dengan
aplikasi sklus pendapatan atau pemerolehan yang kita kembangkan atau dokumentasikan.
Kunci utama (primary key) adalah atribut(atribut) yang
secara unik mengidentifikasi record di table.ketika record ditambahkan ke table,setiap
record digunakan sebagai nilai kunci utama yang hanya mengidentifikasi record
tersebut.
Kunci utama(foreign key) adalah field ditabel yang merupakan
kunci utama di beberapa table lainnya. Kunci asing digunakan untuk
menghubungkan satu table dengan table lainnya.
Kardinilitas . pernyataan hubungan antar-field umum(atribut_
di dua table.hubungan tersebut bias satu dengan satu(1,1),satu dengan
banyak(1,m),atau banyak dengan banyak(m,m).
BAB VI MEMAHAMI DAN
MENDESAIN QUERY DAN LAPORAN
Query adalah permintaan informasi dari basis data. System manajemen
basis data(database management system---DBMS) adalah sekumpulan program yang
memungkinkan anda untuk masuk,mengorganisasi,dan mendapatkan kembali informasi
dari suatu basis data.
Query by example(QBE) adalah suatu pendekatan yang lebih
sederhana,meskipun kurang kuat,untuk berkomunikasi dengan basis data.
Footer kelompok(group footer). Bagian dari laporan yang
mengikuti perincian kelompok.footer kelompok sering digunakan untuk menyajikan
informasi ringkasan mengenai kelompok,seperti subtotal dan perhitungan. Group header(header
kelompok). Bagian dari laporan yang mendahului bagian perincian kelompok dan
biasanya digunakan untuk menampilkan nama kelompok atau informasi lainnya yang
biasa untuk kelompok transaksi yang tampak dibagian perincian kelompok.
Laporan status perincian berkelompok(grouped detail status
reports). Laporan yang menampilkan data ringkasan dan data saldo mengenai
barang,jasa, atau agen dan biasanya juga menampilkan beberapa data acuan
mengenai barang,jasa,atau agen. Laporan tersebut mencakup daftar kejadian yang
memengaruhi data ringkasan. Laporan umur piutang usaha yang mendaftar setiap
faktur penjualan yang belum di bayar merupakan contohnya. Perbedaan utama
antara laporan status perincian berkelompok dengan laporan perincian kejadian
berkelompok adalah bahwa informasi saldo tidak disajikan pada laporan kejadian.
Kotak label (label boxes). Kotak segiempat didalam tata
letak desain yang menampilkan teks deskriptif dan tidak terpengaruh oleh data
di dalam table.
Laporan ringkasan(summary report).laporan yang meringkas
data kejadian untuk sekelompok record terkait selama periode tertentu. Contohnya
adalah total penjualan untuk setiap pelanggan atau jumlah total yang terjual
untuk setiap unsur persediaan. Tidak seperti laporan perincian berkelompok
laporan ringkasan kelompok ahnya menyajikan informasi ringkasan dan tidak
mendaftar masing-masing kejadian.
BAB VII MEMAHAMI DAN
MENDESAIN FORMULIR
Pengendalian dibagi menjadi empat kategori berikut ini :
·
Pengendalian arus kerja digunakan untuk
mengendalian suatu proses yang berpindah dari satu kejadian ke kejadian
berikutnya. Pengendalian arus kerja memanfaatkan hubungan antar kejadian dan
memfokuskan pada tanggung jawab atas kejadian,urutan kejadian dan arus
informasi antar kejadian dalam proses bisnis.
·
Pengendalian input digunakan untuk mengendalikan
input data ke dalam system computer.
·
Pengendalian umum adalah pengendalian umum yang
diterpakan pada banyak proses.pengendalian umum ini harus diterapkan dengan
benar agar pengedalian arus kerja dan pengendalian input berjalan efektif.
·
Penelehan kinerja adalah aktivitas-aktivitas
yang mencakup analisis kinerja yang meliputi perbandingan hasil actual dengan
anggaran,proyeksi,standar, dan data periode lau.
Pengendalian arus kerja
·
Pemisahan tugas
·
Penggunaan informasi dari kejadian sebelumnya
untuk mengendalikan aktivitas.
·
Urutan kejadian yang diharuskan.
·
Menindaklanjuti kejadian.
·
Dokumen bernomor urut.
·
Pencatatan agen internal yang bertanggung jawab
atas kejadian dalam suatu proses.
·
Pembatasan akses ke asset dan informasi.
·
Rekonsiliasi catatan dengan bukti fisik asset.
Pengendalian input
·
Menu pencarian yang menyediakan daftar
nilai-nilai yang mungkin untuk dimasukkan.
·
Pemeriksaan record untuk menentukan apakah data
yang dimasukkan konsisten dengan data yang dimasukkan ditabel terkait.
·
Konfirmasi data yang dimasukkan oleh pengguna
dengan menampilkan data terkait dari table lain.
·
Pengendalian integritas referensial untuk
memastikan bahwa record kejadian terkait dengan record file induk yang benar.
·
Pemeriksaan format untuk membatasi data yang
dimasukkan ke teks,nomor,dan tanggal
·
Aturan validasi untuk membatasi data yang dapat
dimasukkan ke nilai-nilai tertentu.
·
Penggunaan default dari data yang dimasukkan di
sesi sebelumnya.
·
Pembatasan terhadap dibiarkannya field yang
kosong.
·
Pembuatan field yang berfungsi sebagai kunci
utama
·
Nilai yang dihasilkan oleh computer yang
dimasukkan dalam record.
·
Total pengendalianbatch dilakukan sebelum entri
data dibandingkan dengan pencetakan setelah entri data.
·
Pninjauan laporan edit atas kesalahan-kesalahan
sebelum posting.
·
Laporan pengecualian yang mendaftar kasus-kasus
dimana default ditolak atau dimana nilai-nilai tidak biasa dimasukkan.
Query gabungan(join query). Query yang mencocokan record di
dua table atau lebih.kedua table tersebut harus digabungkan sedikitnya satu
field umum. Apabila query gabungan dilakukan,hasilnya adalah penyajian data
dari kedua table.
Fitur pencarian(look-up feature). Daftar drop-dozum tentang
pilihan-pilihan yang sesuai untuk entri data di field kosong tertentu disebuah
formulir.ketika pengguna memindahkan titik entri data ke field kosong,daftar
tersebut akan tampak. Fitur ini biasanya digunakan ketikan data yang akan
dimasukkan adalah kunci asing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar